2 Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan Terbaru

Posted on

2 Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan Terbaru – Teks eksposisi ialah teks yang menyajikan sebuah informasi dengan jelas, obyektif, dan rinci kepada pembaca dengan pengembangan berupa ulasan, pendapat, gagasan pribadi, serta data dan bukti yang menguatkan gagasan yang disampaikan dalam paragraf. Berikut adalah contoh dari teks eksposisi tentang lingkungan :

Contoh 1:

Table of Contents

Pentingnya Menjaga Kelestarian Hutan

Hutan merupakan sebuah kawasan yang ditumbuhi oleh pepohonan dan tumbuhan yang lebat dan juga berfungsi sebagai habitat berbagai jenis hewan. Hutan terdiri atas beberapa jenis, misalnya saja hutan hujan tropis, hutan homogen, hutan heterogen, hutan iklim sedang dan lain sebagainya. Hutan memiliki beberapa fungsi utama, diantaranya adalah sebagai suatu ekosistem terbesar di muka bumi ini untuk keseimbangan alam, sebagai supliyer oksigen untuk makhluk hidup, sebagai peyedia sumber daya alam dan masih banyak manfaat lainnya.


Manusia diciptakan oleh sang pencipta untuk dapat hidup berdampingan dengan alam. Secara teknis tidak ada satupun makhluk di muka bumi ini yang mampu menjaga kelestarian hutan kecuali manusia. Namun kenyataan tersebut berbanding terbalik dengan fakta yang terjadi selama ini. Sedikit sekali manusia yang peduli akan pentingnya menjaga kelestarian hutan. Terbukti dengan maraknya kasus penebangan pohon secara liar, pemburuan hewan langka di hutan, pembukaan lahan perkebunan dengan cara pembakaran, dan masih banyak lagi.

Kesadaran individu merupakan kunci utama untuk melestarikan hutan agar hutan tidak rusak secara berkelanjutan. Mengingat keterbutuhan manusia akan tempat tinggal yang membutuhkan bahan material dasar kayu, maka perlu untuk dapat bijak dalam mengatasi masalah tersebut. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan hutan diantaranya ialah dengan menerapkan sistem tebang pilih. Tebang pilih adalah sebuah konsep untuk memilih mengambil manfaat hutan hanya yang memiliki kualitas terbaik dan membiarkan pepohonan yang masih produktif atau masih muda. Dalam pemanfaatan hasil hutan sebaiknya menggunakan sistem tebang pilih. jangan sembarangan melakukan penebangan hutan. Selain itu pemanfaatan hasil hutan tanpa merusak lingkungan juga dapat dilakukan dengan melakukan penebangan secara konservatif. Penebangan ini hanya ditujukan terhadap pohon yang sudah tidak produktif lagi. diperlukan juga untuk menanami kembali lokasi penebangan pohon lama dengan bibit pohon yang baru.

Dalam rangka upaya pelestarian lingkungan hutan, diperlukan juga untuk melibatkan peran para pemangku kebijakan. Misalnya saja dengan memberlakukan hukum yang tegas bagi pelaku penebangan liar dan perburuan liar, mendayagunakan fungsi polisi, dan menggalakkan reboisasi. Selain itu upaya yang dapat dilakukan oleh pemerintah dapat pula dengan cara melakukan kampanye tentang pentingnya menanam pohon bagi kelangsungan makhluk hidup, mendayagunakan komunitas peduli lingkungan dengan memfasilitasi seluruh aktivitasnya, dan lain sebagainya.

jika semua pihak memiliki kesadaran akan pentingnya hutan untuk kehidupan dan mau untuk menjaga kelestariannya, maka hutan akan kembali pada fungsi-fungsinya. Dengan demikian secara tidak langsung akan mengurangi dampak pemanasan global, mengurangi polusi udara akibat kebarakan hutan, mengurangi resiko terjadinya bencana, akibat hutan yang gundul dan lain sebagainya. Sinergisitas antara setiap individu didukung dengan peraturan dan kebijakan yang dibuat pemerintah diharapkan akan mewujudkan hutan yang lestari dengan segala peran dan fungsinya bagi makhluk hidup dan lingkungan. [sc:ads]

Contoh 2 :

Urgensi Menjaga Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup merupakan segala sesuatu yang ada disekitar makhluk hidup yang membentuk kesatuan ruang yang di dalamnya terdapat benda-benda, daya, keadaan, makhluk hidup, dan lainnya. Dalam cakupan ruang yang disebut lingkungan hidup tersebut, manusia dengan makhluk lainnya saling memiliki hubungan timbal balik yang berpengaruh pada kelangsungan hidup dan kesejahteraan makhluk hidup lain.

Begitu pentingnya lingkungan hidup bagi manusia dan makhluk hidup lain di dalamnya nampaknya tak cukup untuk menjadi alasan kuat guna membuat lingkungan menjadi lebih terjaga kelestariannya. Problematika mengenai masalah kerusakan lingkungan hidup, kini telah menjadi masalah global di tengah-tengah kehidupan kita. Tantu kita memahami bahwa kelestarian lingkungan hidup merupakan tanggung jawab dari makhluk yang berada di dalamnya tak terkecuali manusia. Dengan demikian manusialah yang memiliki andil dan tanggung jawab besar terhadap pelestarian lingkungan.

Tanggung jawab terhadap lingkungan hidup yang dibebankan kepada manusia nampaknya tidak berbanding lurus dengan apa yang telah dilakukan sejauh ini. Banyak kerusakan alam juga yang disebabkan oleh manusia diantaranya adalah penebangan liar, perburuan liar, pembakaran hutan, dan lain sebagainya. Hal tersebut mengakibatkan rusaknya lingkungan alami hutan, rusaknya ekosistem, berkurangnya fungsi hutan sebagai paru-paru dunia, timbulnya tanah longsor, dan lain sebagainya. Aktivitas penebangan pohon dan pembangunan gedung di kota-kota juga turut menyumbang dampak negatif terhadap rusaknya lingkungan. Dampak yang ditimbulkannya adalah berkurangnya luas tanah untuk resapan air sehingga dapat berpotensi menimbulkan bencana banjir.

Sebagai satu-satunya makhluk yang berada pada cakupan lingkungan hidup yang memiliki akal dan pikiran, tentu menjadi kewajiban manusia untuk menjaga kelestarian lingkungan yang ia tinggali. Beberapa upaya yang dapat dilakukan diantaranya ialah dengan ikut serta dalam segala aktivitas pembenahan lingkungan yang rusak, aktif mengampanyekan pentingnya lingkungan hidup bagi kehidupan, serta menyosialisasikan dampak kerusakan lingkungan bagi makhluk hidup di dalamnya. Sementara langkah nyata yang dapat dilakukan misalnya dengan tidak membuang sampah semabarang, mengurangi aktivitas penggunaan bahan bakar fosil yang berpotensi menimbulkan pemanasan global, menanam pohon sebagai investasi kehidupan di masa mendatang, dan lain sebagainya. Apapun yang dapat dilakukan demi menjaga kelestarian lingkungan hidup kini menjadi agenda penting yang harus dilakukan demi hidup dan kehidupan yang lebih baik di masa mendatang.

Sumber :
http://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/hutan/cara-menjaga-kelestarian-hutan

Baca Juga:

Contoh Induk Kalimat, Anak Kalimat, Serta Pengertiannya
Contoh Teks Eksposisi Tentang Banjir Terbaru
Contoh Teks Eksplanasi Tentang Petir Terbaru