Manfaat Tenaga Endogen dan Eksogen bagi Kehidupan Manusia, Hewan, dan Tumbuhan

Manfaat Tenaga Endogen dan Eksogen bagi Kehidupan Manusia, Hewan, dan Tumbuhan

Bumi merupakan salah satu jenis planet yang mempunyai berbagai gejolak didalamnya. Bumi memiliki berbagai tenaga baik yang berasal dari dalam maupun luar bumi dan biasanya dikenal dengan istilah tenaga endogen dan tenaga eksogen. Tenaga endogen merupakan jenis tenaga yang berasal dari dalam bumi dan memiliki sifat dapat membangun atau konstruktif. Tenaga eksogen adalah tenaga yang berasal dari luar bumi dan merupakan tenaga yang mampu membentuk muka bumi. Tenaga yang berasal dari luar bumi ini dapat berupa, air, angin, sinar matahari, dan tenaga yang berasal dari makhluk hidup lainnya.

Macam-Macam Tenaga Endogen

Tenaga yang berasal dari dalam bumi atau tenaga endogen memiliki beberapa jenis dan karakteristiknya. Berdasarkan peristiwa dan penyebabnya tenaga endogen dibagi menjadi beberapa bagian diantaranya sebagai berikut :

1) Tektonisme

Tektonisme merupakan salah satu jenis tenaga yang berasal dari dalam bumi. Tektonisme ialah peristiwa yang sering terjadi di bumi dan dapat dirasakan gerakannya di Indonesia. Hal ini dikarenakan wilayah Indonesia terletak diantara bagian cincin api. Peristiwa tektonisme dapat menyebabkan perubahan bentuk dan tekstur kulit bumi. Adapun tenaga yang menggerakkan disebut dengan tenaga tektonik. Secara garis besar tenaga tektonik dibagi menjadi dua macam, yaitu gerak epirogenetik dan gerak orogenetik. Perhatikan penjelasan berikut ini!

• Gerak epirogenetik

Gerak epirogenetik adalah bentuk gerak yang berupa pergeseran kulit bumi dan berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama. Gerak ini dapat terjadi di daerah yang luas, sehingga dapat memberikan dampak naik dan turunnya daratan. Gerak epirogenetik dibagi menjadi dua, yakni gerak epirogenetik positif dan gerak epirogenetik negative.

• Gerak orogenetik

Gerak orogenetik dapat menyebabkan terjadinya relief muka bumi daratan meliputi gunung dan pegunungan. Selain itu, gerak orogenetik juga dapat menyebabkan tekanan pada kulit bumi secara vertikal maupun horizontal. Dengan demikian dapat menimbulkan dislokasi atau disebut perpindahan letak lapisan kulit bumi.

2) Vulkanisme

Vulkanisme adalah salah satu peristiwa yang memiliki hubungan terhadap gunung berapi seperti naiknya magma yang berasal dari dalam perut bumi. Adapun hal yang menjadi sebab adanya aktivitas magma di dalam dapur magma ialah tingginya ukuran suhu dan jumlah gas yang cukup banyak di dalam dapur magma itu sendiri.

• Gempa Bumi

Gempa bumi adalah peristiwa getarnya bumi yang disebabkan adanya faktor-faktor tertentu, sehingga getarannya dapat dirasakan sampai ke permukaan bumi. Selain itu juga gempa bumi dapat disebabkan karena terdapat kekuatan atau tenaga yang berasal dari dalam bumi. Gempa bumi memiliki jenis yang beragam, sehingga berdasarkan penyebab terjadinya gempa dibedakan menjadi tiga macam. Adapun jenis gempa tersebut yaitu, gempa tektonik, gempa vulkanik, dan gempa runtuhan.

Dampak Tenaga Endogen

Tenaga endogen memiliki dampak yang dapat dirasakan secara langsung maupun tidak langsung. Dampak yang ditimbulkan dari tenaga endogen ini dapat berupa dampak positif dan negatif. Sebagian tenaga endogen dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun penjelasan dampak dari tenaga endogen ini adalah sebagai berikut :

a. Dampak Positif Tenaga Endogen

Tenaga endogen dapat menghasilkan beberapa dampak yang menyebabkan suatu perubahan bentuk muka bumi. Selain itu juga tenaga endogen dapat memberikan dampak yang positif. Berikut dampak yang dapat ditimbulkan dari adanya tenaga endogen :

• Menyebabkan perubahan letak mineral dekat terhadap permukaan tanah

Dari hasil pergerakan tenaga endogen mampu menarik perubahan letak mineral dekat terhadap permukaan tanah. Mineral adalah salah satu jenis zat yang bermanfaat dan dapat ditemukan di dalam bumi. Mineral juga dapat dikonsumsi oleh manusia dengan takaran yang cukup untuk digunakan. Hal ini dikarenakan manusia tinggal di bumi, sehingga dapat menemukan adanya air mineral yang tersimpan di dalam bumi. Pada dasarnya mineral terletak jauh dari permukaan bumi, sehingga dengan adanya tenaga endogen mampu menarik mineral hingga dekat ke permukaan bumi.

Membentuk tempat wisata dan objek wisata

Tenaga endogen dapat menggerakkan lempeng-lempeng yang berada di dalam bumi, sehingga saling bergesekan. Kemudian, pada hasil akhirnya akan membentuk suatu permukaan bumi yang baru. Adapun bentukan alam yang baru ini dapat berupa tonjolan seperti gunung, pegunungan, bukit, dan perbukitan. Di samping itu juga dapat berupa cekungan seperti lembah dan jurang. Dengan demikian relief yang tertentuk dari muka bumi akan memiliki keindahan tersendiri, sehingga dapat digunakan sebagai tempat wisata.

Membentuk gunung

Adanya tenaga endogen yang berasal dari bumi dapat menyebabkan terbentuknya gunung. Manfaat gunung banyak sekali, selain digunakan sebagai tempat hidup bagi hewan dan tumbuhan gunung dapat menyebabkan terjadinya hujan orografis.

• Terbentuk tanah tinggi

Tanah tinggi terbentuk karena adanya aktivitas tenaga endogen. Tanah tinggi dapat digunakan untuk area perkebunan dan lahan pertanian.

b. Dampak negatif tenaga endogen

Selain menghasilkan dampak yang positif, tenaga endogen juga menghasilkan dampak yang negatif. Beberapa dampak negatif yang ditimbulkan dari tenaga endogen adalah sebagai berikut :

• Menyebabkan berbagai bencana alam

Tenaga endogen menyebabkan banyak bencana alam yang terjadi. Adapun bencana yang terjadi diantaranya, gempa bumi, tsunami, dan tanah longsor.

• Menyebabkan kerusakan alam

Tenaga endogen juga dapat menyebabkan kerusakan alam seperti, kebakaran sampai menimbulkan tanah longsor.

• Menyebabkan kerusakan bangunan

Tidak hanya menyebabkan kerusakan alam saja, tenaga endogen juga dapat merusak suatu bangunan. Kerusakan ini disebabkan karena adanya proses gempa bumi, tsunami, dan tanah longsor.

Sumber :
https://ilmugeografi.com/geologi/dampak-positif-dan-negatif-tenaga-endogen