no comments

Contoh Teks Pidato Perpisahan Kelas 9 SMP

Contoh Teks Pidato Perpisahan Kelas 9 SMP – Pidato ialah sebuah kegiatan menyampaikan suatu gagasan, ide, pendapat, dan lain sebagainya dalam bentuk lisan dan disampaikan kepada khalayak ramai dengan komunikasi satu arah. Berdasarkan isi yang disampaikan, pidato terdiri atas berbagai macam jenisnya. Misalnya saja pidato kenegaraan, pidato politik, pidato kepemudaan, pidato perpisahan, dan lain sebagainya. Berikut adalah contoh teks pidato yang berisikan salam perpisahan siswa kelas 9 SMP :

Assalamualaikum. Wr. Wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.

Yang saya hormati kepala sekolah SMP Tapis Berseri Bandar Lampung, bapak Dr. Syarifudin, M.Pd.. Yang saya hormati bapak Sutarman, S.Pd. selaku wali kelas 9A. Yang saya hormati bapak / ibu guru SMP Tapis Berseri Bandar Lampung. Yang saya banggapan sahabat-sahabatku kelas 9 dan yang saya sayangi adik-adik kelas 7 dan 8.

Alhamdulillahirabbil alamin segala puji bagi Allah SWT yang telah banyak sekali memberikan nikmat, karunia, segala sesuatu yang amat berharga bagi kita semua. Salah satunya adalah nikmat kesehatan yang membuat kita semua dapat berkumpul dalam ruangan ini dalam rangka pelepasan siswa siswa kelas 9 SMP Tapis Berseri Bandar Lampung.

Selanjutnya shalawat serta salam tak lupa kita haturkan kepada junjungan nabi Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat, dan umatnya. Semoga kita semua termasuk ke dalam golongan umatnya yang senantiasa istiqamah dalam mengikuti jejak langkah beliau.

Baca Juga:   Contoh Pidato tentang Gotong Royong Bahasa Indonesia Terbaru

Hadirin yang saya hormati, bapak / ibu guru, rekan-rekan kelas 9, adik-adik kelas 7 dan 8, serta wali murid kelas 9. Saya ingin menyampaikan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada pihak sekolah dalam hal ini bapak kepala sekolah beserta guru-guru dan panitia OSIS kelas 7 dan 8, yang telah memberikan kesempatan bagi saya untuk menjadi perwakilan dari kelas 9 yang memberikan sedikit salam perpisahan.

Terima kasih yang sedalam-dalamnya pula saya haturkan kepada bapak / ibu guru yang dengan penuh kesabaran telah membimbing, mendidik, mengayomi, serta mengajari kami sehingga kami bisa mengerti banyak hal. Kini kami dapat memahami banyak hal baik dalam hal akademik maupun tentang pelajaran kehidupan secara umum. Semua berkat bimbingan dari bapak / ibu guru sekalian. Jasa-jasa bapak / ibu guru sangatlah besar yang sangat tidak mungkin bagi kami untuk bisa membalasnya. Hanya untaian kata terima kasih dan doa yang bisa kami berikan sebagai tanda terima kasih kami yang sangat dalam kepada guru-guru kami tercinta. Kami sadar bahwa ribuan dan untaian kata doa serta tetesan air mata haru ini tak akan mampu jua menuntupi segala hutang budi kami kepada bapak / ibu guru sekalian. Ribuan kata maaf juga kami haturkan kepada bapak / ibu guru jikalau selama ini kami selalu merepotkan, menyusahkan, dan terkadang juga ada sikap membangkang yang kami tunjukkan. Semoga Allah membalas segala kebaikan serta pengorbanan bapak / ibu guru kepada kami semua. Kami juga memohon doa dan restu kepada bapak / ibu guru sekalian agar kami dapat menempuh pendidikan ke jenjang berikutnya dengan baik dan mendapatkan ridho dari Allah SWT.

Baca Juga:   Contoh Teks Eksposisi tentang Lingkungan Sekolah

Selanjutnya kepada rekan-rekanku sekalian, saya secara pribadi memohon maaf kepada teman-teman sekalian. Apabila dalam pergaulan kita selama ini banyak terdapat kekhilafan dari diri saya pribadi. Mohon agar dapat diikhlaskan. Secara pribadi pula saya sudah mengikhlaskan dan memaafkan segala hal yang tidak berkenan di hati saya, karena saya menyadari bahwa diri saya pun terkadang seringkali berbuat khilaf. Teruntuk sahabat-sahabat seperjuanganku, perjalanan kita masih sangat panjang. Jangan hanya dihabiskan untuk bermain dan bermalas-malasan. Kejarlah mimpi dan cita-cita setinggi langit. Dunia ini sangatlah luas, berpikirlah yang luas dan sambangi lautan dan daratan di berbagai dunia ini dengan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang berharga. Saya yakin kita mampu melakukannya, demi keluarga, bangsa, negara, dan juga agama. Saya berharap hari ini bukanlah hari terakhir kita bertemu. Suatu saat nanti kita pasti akan bertemu kembali di tempat dan kondisi yang berbeda. Tentunya dalam kondisi telah meraih kesuksesan masing-masing.

Teruntuk adik-adikku siswa kelas 7 dan 8. Sebentar lagi kalian akan menapaki jenjang kelas yang lebih tinggi dari sebelumnya. Sebentar lagi pula adik-adik akan mempunyai adik kelas yang akan menjadikan kalian sebagai panutannya. Belajarlah yang giat dan mendewasalah. Maafkan kakak-kakak kalian ini jikalau kami belum bisa memberikan contoh yang baik bagi kalian. Tirulah segala kebaikan yang ada pada kami, dan buang jauh-jauh apa yang buruk dari kami. Sepenuhnya kami berharap kalian bisa membawa nama sekolah Tapis Berseri ini menjadi lebih baik lagi. Bermimpilah yang besar dan kejarlah cita-cita kalian.

Baca Juga:   38 Contoh Pantun Nasehat Pendidikan

Sekali lagi permohonan maaf dan terima kasih yang sedalam-dalamnya saya haturkan kepada semua pihak sekolah. Sejujurnya dari hati yang paling dalam saya ingin menyampaikan bahwa sekolah ini beserta penghuninya telah menjadi bagian dari hidup saya. Berat rasanya untuk pergi meninggalkan sekolah ini. Perasaan yang berat juga saya rasakan ketika harus menyampaikan salam perpisahan bagi bapak / ibu guru, rekan-rekan, dan adik-adik kelasku sekalian. Namun kenyataan inilah yang harus terjadi, sebagai bagian dari lembaran kehidupan yang harus kita tapaki bersama.

Demikian yang dapat saya sampaikan kuran dan lebihnya saya mohon maaf, kepada Allah saya memohon ampun. Wabillahitaufik wal hidayah, wassalamualaikum. Wr.wb.

Baca Juga:

Contoh Naskah Pidato Perpisahan Sekolah Kelas 6 Sekolah Dasar (SD)
Kaidah Penulisan Rupiah dalam Bahasa Indonesia
Pengertian dan Contoh Akronim Lengkap

No Responses

Reply