no comments

Contoh Pidato Maulid Nabi bahasa Indonesia Terbaru

Contoh Pidato Maulid Nabi bahasa Indonesia Terbaru – Pidato adalah suatu kegiatan penyampaian ide, pendapat, serta gagasan kepada khalayak umum melalui aktivitas berbicara. Berdasarkan isi yang disampaikan, pidato terdiri atas beberapa macam diantaranya ialah pidato kenegaraan, pidato politik, pidato tentang pendidikan, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah contoh pidato yang bertemakan tentang mauled nabi :

Contoh :

Assalamu’alaikum. Wr. Wb.
Yang saya hormati, Bapak ketua RT beserta istri.
Yang saya hormati para panitia penyelenggara dan hadirin yang telah hadir pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada hari ini.
Pertama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT dimana berkat rahmat-Nya kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat. Shalawat serta salam tidak lupa kita sampaikan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW.
Pada kesempatan ini saya menyampaikan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan beberapa hal mengenai peristiwa Maulid NabiMuhammad SAW.

Hadirin yang dirahmati Allah,

Salah satu hal yang menjadi bukti dari banyaknya kekuasan Allah SWT adalah dihadirkannya seorang baginda Rasul Muhammad SAW di muka bumi sebagai rahmatan lil ‘alamin. Kelahirannya membawa pengaruh besar bagi kemajuan dunia hingga beliau menempati urutan pertama dalam buku berjudul “100 Tokoh Dunia Paling Berpengaruh” karya Michael H. Hart, seorang keturunan Yahudi yang merupakan seorang ahli matematika, astronomi dan sejarah dari Amerika Serikat, salah satu ilmuwan terbaik di bidangnya pada abad 20 sehingga pengabdian dan kredibilitasnya pada dunia keilmuan sudah tidak diragukan lagi. Tentunya hal ini dilandasi oleh keistimewaanRasulullah SAW sebagai seorang hamba dengan kemampuan dan kecerdasan luar biasa serta akhlak yang serupa dengan Al-Qur’an berjalan.

Baca Juga:   Pidato Tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah

Hadirin yang dirahmati Allah,

Pilihan yang dijatuhkan oleh Michael H. Hart terhadapan Nabi Muhammad SAW sebagai orang pertama dalam bukunya bukan tanpa alasan. Keputusan tersebut jelas mengejutkan pembaca dan dunia mengingat Hart adalah seorang keturunan Yahudi dan berkebangsaan Amerika yang bukan merupakan negara Islam. Tapi ia melandasi pilihan tersebut karena ia melihat Nabi Muhammad SAW adalah satu-satunya pemimpin agama yang tidak hanya menjadi panutan dalam hal agama namun juga memimpin negara, militer, serta memahami betul mengenai prinsip-prinsip ekonomi dan budaya. Sebagaimana kisahnya, dalam bidang militer Nabi Muhammad SAW merupakan panglima perang yang tidak tertandingi dengan strategi-strategi perangnya yang luat biasa. Faktamenunjukkan bahwabeliau telah mempelopori dan menerapkan seluruh “Principles Of War” yang sekarang menjadi rujukan setiap panglima peran beserta tentaranya.Kini telah 14 abad berlalu namun ajarannya tetap kuat, mendalam, dan berakar dalam kehidupan umatnya. Begitu besar penghargaan seorang Yahudi bernama
Michael H. Hart terhadap Nabi Muhammad SAW sudah semestinya menggugah rasa ingin tahu kita mengenai sosok fenomenal sepanjang masa ini. Sepatutnya kita lebih paham mengenai kehidupan beliau karena kita adalah umatnya dan momentum kelahiran beliau inia dalah salah satu saat yang tepat untuk itu.

Hadirin yang dirahmati Allah,

Bertepatan dengan 12 Rabiul Awal lebih dari 14 Abad yang lalu, Allah menurunkan seorang hamba-Nya yang istimewa ke muka bumi. Ia merupakan utusan Allah yang mengemban amanah menjadi penyempurna akhlak bagi ummatnya di samping tugas-tugas kenabian lainnya. Nabi Muhammad SAW dilahirkan di rumah kakeknya, Abdul Muthalib, dari rahim seorang wanita mulia bernama Aminah binti Wahab dan ayah bernama Abdullah, pada hari Senin bertepatan dengan tanggal 20 April tahun 571 dalam perhitungan kalender Masehi.Pada tahun yang sama menjelang kelahirannya, Raja Brahah beserta tentaranya dari Habasyah menyerbu kota Mekkah dengan menunggangi kuda. Mereka bermaksud menghancurkan Ka’bah namun Allah melindunginya dengan menjatuhhkan batu Sijjil dari neraka yang teramat panas kepada mereka. Batu tersebut dibawa oleh burung bernama Ababil. Atas dasar itulah maka tahun kelahiran Nabi Muhammad SAW dinamai tahun Gajah.

Hadirin yang dirahmati Allah,

Baca Juga:   Pidato Singkat Tentang Agama Islam (Terbaru)

Nabi Muhammad SAW dilahirkan dalam kondisi yatim karena ayahnyawafat sepulangnya dari negeri Syam setelah berdagang. Ia hadir di tengah masyarakat jahiliyah penyembah berhala dan kondisi penuh penindasan. Namun Muhammad kecil tumbuh menjadi seorang anak dengan segala keistimewaannya. Pasca kelahirannya ia diasuh oleh ibu susunya, hal ini sudah menjadi kebiasaan bangsa Arab untuk menyusukan anaknya kepada wanita lain sehingga ia pun diasuh oleh Halimah As-Sya’diah. Wanita tersebut menerimaNabi Muhammad SAW setelah sekian banyak wanita yang menolaknya dikarenakan ia seorang yatim. Halimah pun merasakan keberkahan selama menjadi ibu susunya karenanya ia tak merasa rugi mengasuh Muhammad kecil. Setelah 4 tahun bersama, di tahun ke 5 Halimah memutuskan untuk mengembalikan Nabi Muhammad SAW kepada sang ibu setelah menyaksikan peristiwa Nabi Muhammad SAWdidatangi dua orang lelaki berpakaian putih, membaringkannya, dan melakukan sesuatu di dadanya. Merasa khawatir akhirnya Halimah mengembalikan Nabi Muhammad SAW kepada Aminah. Sayangnya pada usia 6 tahun sang Nabi harus kembali merasakan kehilangan, ibunya meninggal dunia dan lengkaplah ia menjadi seorang yatim piatu.

Hadirin yang dirahmati Allah,

Kisah tak berhenti disana dan terus berlanjut. Betapa kehidupan seorang manusia mulia ini ditempa berbagai hal tidak mengenakkan. Penentangan terhadap dirinya yang mencoba berdakwah secara sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan tam terhitung jumlahnya. Percobaan pembunuhanpun sering ia alami. Kehidupan sangat sederhana pun ia lalui meski meminta kemegahan adalah hal yang sangat mudah baginya. Namun Nabi Muhammad SAW tetap tumbuh menjadi manusia dengan kemampuan luar biasa atas izin Allah SWT. Sebagai pemimpin dalan perang Badar, ia berhasil mengantarkan kemenang bagi kaum muslimin dengan strategi yang jitu. Padahal saat itu kaum muslimin hanya berjumlah 300 orang dan tentara musuh 2 kali lebih banyak jumlahnya, yakni 700 orang. Hingga kini kisah itu terus dikenang sebagai salah satu kehebatan Rasul dalam hal militer. Adapun sebagai seorang pedagang, ia mampu memberikan keuntungan kepada Khadijah rasebagai pemilik modal melebihi keuntungan yang pernah ia dapat dari pedagang-pedagang lainnya. Sebagai seorang
suami ia begitu santun pada istrinya hingga tidak sanggup membangunkan istrinya yang tengah terlelap dan memilih tidur diluar ketika pulang larut malam selepas mengurus urusannya. Nabi Muhammad SAW yang bergelar Al-Amin ini pun mampu menyelesaikan permasalahan terkait siapa yang berhak meletakkan Hajar Aswad hingga semua kaum ridho dengan keputusan beliau. Sungguh manusia sempurna yang menyempurnakan akhlak.

Baca Juga:   Contoh Pidato Hari Pahlawan 10 November Terbaru

Hadirin yang dirahmati Allah,

Demikianlah yang dapat saya sampaikan. Semoga dengan momentum kelahiran Nabi Muhammad SAW ini kita dapat lebih mengenal, mencintai, dan mengikuti apa yang diajarkannya, mencintai sunnahnya, serta berusaha memiliki akhlak layaknya beliau. Atas perhatian hadirin sekalian saya ucapkan terimakasih.

Wassalamu’alaikum. Wr. Wb.

Baca Juga:

Contoh Teks Diskusi Tentang Pendidikan Indonesia
Contoh Pidato Tentang pergaulan Bebas Terbaru
Contoh Pidato Isra Miraj Bahasa Indonesia Terbaru

No Responses

Reply